Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Review Medela Swing Maxi Breastpump

Halloooo Selamat Pagiiii bu ibu 💕

Kali ini kau review Breastpump / Pompa Asi yang aku pakai sehari-hari.
Medela Swing Maxi - Electric Breastpump
Kenapa memilih Medela ?
banyak alasannya mari dibahas satu-satu.
Sebelumnya aku jg sama dengan ibu-ibu baru lainnya, bingung mau pakai pompa asi yang mana, dan cocok ngak yah di aku.
Setelah ak baca-baca review blog tentang pompaan asi yang terbaik, dan juga dari hasil chit chat dengan ibu-ibu yang udah pengalaman. Maka ak menetapkan membeli Medela Maxi Swing, harganya relatif mahal diantara merk lainnya.
Sebelum melahirkan aku udah punya pompa asi manual merk Avent Manual, beli saat lagi belanja perlengkapan bayi New Born.
Sedihnya pas awal di pakai di rumah sakit stlh melahirkan, malah sakit banget PD aku. Aku ngak kuat perih banget dan ketarik banget. Mungkin baru pernah pakai pompaan asi juga. Bayi ak mau nyusu langsung waktu awal lahir, tapi PD aku masih bengkak dan juga masih ada isinya belom tuntas jadi harus perlu di pompa. Akhirnya nyerah, karena ngak kuat sakitnya jadinya diperas manual pakai tangan (ngak pakai alat, pegel bangetttt...)

Nah pulanglah ke rumah, setelah beberapa minggu akhirnya memutuskan harus punya pompa elektrik. Cari dan cari referensi, yang cocok dan terpercaya. Sempat berfikir untuk sewa/rent dulu, tapi aku pikir tanggung banget mendingan langsung beli (nekat).

Nah beruntung banget pilihan aku tepat Medela Swing Maxi, karena aku udah pakai sampai sekarang anakku usia 14 bulan dan masih tetep setia menemani aku.


Alasan memilih breastpump elektrik ini :
1. Lembut banget, fase pertama nya bisa stimulasi dulu, kemudian ada fase kedua mulai menghisap otomatis. Gerakan mesin yang lembut dan bisa di atur level kecepatannya.
2. Merk terpercaya, ada gerai resminya juga Medela Indonesia. Sangat memudahkan untuk klaim garansi dan juga membeli sparepart originalnya.
3. Tahan banting 😆, maksudku bukan di banting-banting juga yah. Tapi ibu-ibu yang punya anak-anak kecil pasti paham. Kadang waktu pumping harus di gangguin si anak yang lagi iseng, entah itu menekan2 tombol, narik2 kabel, dan lain-lain. Mesin masih okeh sampai sekarang bersyukur banget 😂.
4. Bisa dipakai saat traveling, tanpa colokan pun jadi yah bisa pompa di mana pun. Dengan sistem baterai (6 x baterai AAA). Ini yang aku suka, karena aku kadang perlu untuk pompa saat perjalanan di mobil.
5. Boleh di bawa di pesawat, aku juga ngak yakin dengan pompaan asi lainnya, tapi kalo Pompaan Medela udah terbukti boleh keluar masuk pesawat di cabinnya. Dan beberapa kali aku pakai pompa di pesawat dan semuanya oke tidak ada masalah.


Bahan / Material: BPA-free

Apa yang ada di dalam box :
  • 1 x Swing Maxi motor unit
  • 2 x PersonalFit Breastshield 24 mm
  • 2 x Connector
  • 1 x Tubing
  • 2 x Breastmilk Bottle
  • 2 x Bottle stand
  • 1 x Mains adapter
  • 1 x Calma feeding device
Ini motor medela swing maxi bagian bawah yah, jika di buka ini tempat untuk baterai atas 3 baterai AAA, bawah 3 baterai AAA. Baterai bisa di pasang di motor, dan tidak perlu di lepas saat pompa pakai colokan listrik, baterai tetap aman terpasang di motornya. Biasanya kalo pakai baterai bisa ppompa sekitar 4-5 kali (tergantung merk baterainya).
*Tipsnya : Beli baterai cadangan selalu 6 baterai AAA

Ini kalo di lepas komponen dalamnya seperti ini.
*Tipsnya : Jika mencuci penting semua komponen di lepas dan di cuci dengan busa lembut dan sabun cuci khusus botol bayi. Bagian dalam penting untuk di cuci dan steril karena menghindari perkembangan bakteri dan jamur.

Ini di sebut konektor/Connector, komponen ini dijual juga, bisa beli jika terjadi kerusakan. Banyak online shop yang menjual konektor ini dengan harga sekitar 240rb/pc. (Sebaiknya beli di online shop terpercaya atau Medela official storenya). Mahal yah, yesss..makanya saat pemakaian harus apik dan juga saat membersihkan bagian karetnya itu harus ekstra hati-hati.
*Tipsnya: Aku punya konektor tambahan 1pc, itu memudahkan banget kalau malam pompa berkali-kali ngak perlu langsung cuci, karena masih ada cadangan, jd besok pagi baru cuci dan steril barengan. Jadi hemat listrik saat nyalain mesin steril. Memang mahal di awal, tapi sangat berguna.

Next adalah corong/personal fit, nah ini part penting yang harus kamu perhatikan. Ada sizenya, dan bawaan dari belinya itu size M. Jika ngak cocok di kamu sebaiknya diganti dengan size yang sesuai demi kenyamanan pemakaian pompaan asinya. Kalo ak pribadi ngerasa kebesaran size M, jadi aku ganti semua dengan size S. Jadi corong/personal fit ini dijual juga, sama seperti konektornya. Harganya sekitar 90rb/pc nya.

Comparison dengan Type Medela lainnya :


Kelemahan Medela Swing Maxi :
- Harganya mahal, dan sparepartnya mahal.
Tips : Bisa beli yang Medela Swing (Single), harganya jauh lebih murah. Harus telaten dan hati2 saat membersihkan komponennya agar awet dipakai jangka waktu lama.
- Terlalu lembut, nah ini yang terkadang jadi dilema ibu-ibu. Yah lembut memang enak jika dipakai saat awal-awal menyusui. Jika dipakai saat buru2 dan saat power pumping, medela terlalu lembut tarikannya.
Tips : Pakai bantuan tangan, selagi pompa sambil di pijat-pijat PDnya.

Official Instagram : @medela_id

Sekian reviewnya tentang Medela Swing Maxi, sorry ngak bisa bikin review comparison dengan merk lain, karena jujur aku ngak berani coba-coba lagi. Karena sudah terlanjur enak pakai Medela Swing Maxi. Sempat tergoda untuk beli merk lain, tapi karena sayang uangnya juga. Jadi tetap setia dengan Medela 💕

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

siang moms.. mau tanya. pakai baterai ny merk apa?

irene loekito mengatakan...

pakai baterai merk energizer aaa atau pakai baterai yg bs rechargeable

Posting Komentar